Diposkan pada Uncategorized

The Fatwa EU Trip – 9 April 2019 – Volendam & City Tour Amsterdam

9 April 2019

Alhamdulillah, bangun tidur di salah satu kota terfavorit di dunia itu happynya bukan main. I’m smiling ear to ear. Hehe. Schedule hari ini: Volendam dan city tour Amsterdam. Selama sekolah di Amsterdam dulu sampai sekarang, ngga kehitung udah berapa kali ke Volendam. Karena emang tempat wajib banget kan untuk foto ala Belanda. Kalau mau ke Volendam ada bis langsung yang dulu dinaikinnya deket public library. Tapi ternyata kali ini pindah ke atas Amsterdam Central Station (Amsterdam CS). Untuk naik bisnya bisa beli tiket Volendam PP yang dibeli di mesin deket eskalator naik bis. Sebelum naik eskalator, saya, mas Ewa dan anak-anak tentu saja mampir AH dan beli croissant coklat kesukaan sama chocomel. Kaya hukumnya wajib banget untuk jajan di Albert Heijn. Sebelum naik bis, kita tunggu The Bayuningrats dulu dateng dan naik bis bareng-bareng.

Perjalanan menuju ke Volendam tentunya kenikmatan visual. Bisa lihat view desa-desa di Belanda, rumput-rumputan, taman yang luas, sapi dan kambing dimana-mana. Berhubung naik bis yang beda sama pas saya dulu kuliah, turunnya juga ternyata di tempat yang beda gaes. Jadi agak browsing dan cari-cari jalan dulu deh. Tapi saya suka banget karena jalan yang kita laluin banyak lewat rumah Belanda yang mini-mini tapi lucu. Sepanjang jalan saya sibuk dokumentasiin perjalanan, dan tembusnya pun di bagian Volendam yang agak ke arah kanan (pokoknya bukan deket2 daerah foto2).

Sungguh ngga ada yang berubah di Volendam, padahal terakhir berkunjung 6 tahun yang lalu. Masih ada tukang yang jual sea food gorengan andalan, masih ada tukang poffertjes, masih banyak kafe-kafe yang banyak orang duduk-duduk santai sambil ngopi atau nge beer, feeling nya masih sama dan saya happy banget huhu. Finally, i feel home! Sebelum duduk cantik ngemil poffertjes ataupun fish fillet, kami memutuskan untuk jalan ke fotografer andalan. Tips and trick foto di Volendam, ini dapet dari orang-orang KBRI ya, pilih yang Fotograaf Zwaarthoed, lokasinya itu agak pojok agak ke dalem menuju ujung Volendam, hehe. Kenapa disini? Karena katanya cuma disini yang boleh foto pakai kamera sendiri setelah sesi foto pakai kamera mereka. Kalau ada yang punya pengalaman di tempat lain juga bisa, mohon maaf ya karena saya cuma ikutin saran orang KBRI dari awal saya tinggal di Amsterdam, jadi belum pernah coba tempat foto lain ya. Konsep fotonya biasanya pilih jumlahnya berapa orang, dan besar foto yang mau dicetak. Sebelumnya kita didandanin dulu pakai baju khas Belanda. Proses pemasangan bajunya cepet banget, proses fotonya juga cepet banget, yang agak nunggu ya kadang orang pengen foto pake kamera sendiri. Setelah beres foto, biasanya nunggu 1 jam untuk dapet hasil akhirnya. Nah pas nunggu ini lah saya pilih untuk jajan gorengan ikan-ikanan dan poffertjes.

Sungguh nostalgia banget ini di Volendam. I feel like i’m the happiest gal on earth. Lebay ya? Biarin. hehe. Sambil nunggu saya beli Lekkerbek alias fish fillet, dimakannya sama garlic mayo, beli kentang goreng juga alias patat met mayo, trus beli poffertjes. Pokoknya diet bubar jalan haha. Dulu zaman kuliah saya sering banget beli fish fillet dan dimakan pake nasi plus sambel kecap. Enaaaaak pake banget! Bedanya kali ini di Volendam udah ngga bisa egois khusyu makan sendiri, harus sambil nyuapin anak lanang dan anak gadis. Alhamdulillah semua lahap makan. Beres jajan fish fillet dan poffertjes, kita balik lagi ambil hasil foto. Setelah itu kita kembali lagi ke kota…

Jalan-jalan di central Amsterdam kali ini kita sambil janjian sama temen-temen lama saya di Belanda. Rutenya masih sama, seputaran Dam Square ke Kalverstraat sana. Dalam rangka bday Cica juga kami inisiatif ajak makan di Sie Joe. Setelah berhari-hari pergi dari Indonesia, kayanya paling cocok makan makanan Indo disini. Jangan lupa beli teh botol juga hihi. Beres makan di Sie Joe, kami lanjut nongkrong di Rembrandtplein. Berhubung udah punya anak dua, akhirnya alarm alami nya yang membuat kami pulang cepat, yaitu anak-anak rewel dan minta pulang. Akhirnya trip kita hari ini selesai juga, kami pun kembali ke hotel Abba 🙂

Penulis:

Fatwa - Wulan - Nanu - Cica Happy little family based in Bandung

Tinggalkan komentar