Diposkan pada Uncategorized

The Fatwa EU Trip: 8 April 2019 – Amsterdam

8 April 2019

Hari ini masih sama kaya kemarin, bangun subuh dan buru-buru siap-siap karena kita naik kereta jam 07.00 pagi ke Amsterdam. Berhubung mau pergi jauh, jadi pagi ini pengecualian, anak-anak boleh keluar kamar hotel dalam kondisi belum makan, tapi sampai stasiun wajib banget beli makanan untuk anak-anak, saya dan mas Ewa sarapan. Berhubung dari awal emang sengaja tinggal di depan Gare du Nord, jadi alhamdulillah akses nya gampang tinggal jalan kaki aja. Mas Ewa tugas bawa koper dan tas jinjing juga gendong Cica di ergo, saya bagian megang Nanu. Berhubung masih di Paris, koper kita masih dikit (karena kebanyakan dititip di Ams), jadi belum berasa ribetnya nih. Sampai Gare du Nord saya sempetin beli roti dan kopi di PAUL. Pokoknya kalau lagi travelling gini, anak-anak mau banyak makan nasi, mie atau roti, saya sih ga masalah. Sama-sama karbo kan. Hehe. Masuk ke dalam kereta langsung cari seat, duduk berdua-berdua, saya sama Cica, Mas Ewa sama Nanu. Akhirnya mengucapkan bye bye untuk Paris, kunjungan yang super singkat, saya bener-bener efektif cuma 1 hari di Paris. Jangan ditiru sih kalau first timer ke EU, pasti kepengennya lama di Paris kan? Nah kalau saya sama mas Ewa ngga, mendingan lama di Ams aja. Paris cukup lihat Eiffel dan Louvre udah puas. Oh ya kali ini juga kami gak ke Disneyland Paris karena Cica masih kecil, jadi takutnya sampai sana ngga main apa-apa kaya waktu ke Hong Kong kemarin, jadi untuk trip kali ini, kami pilih untuk pass Disneyland Paris dan langsung ke Ams.

Sepanjang perjalanan mau ke Ams itu rasanya deg-deg an, tapi happy, excited juga, semua jadi satu! Kami turun di Schiphol karena mau ambil koper-koper. Nah petualangan baru dimulai nih. Jangan lupa download aplikasi 9292ov untuk tau akses ke tempat tujuan di semua negara di Belanda. Lagi-lagiiii kami ngga pake travel ya, karena selain pengen ngirit, insyaAllah kalau di Belanda kami gak kesulitan kemana-mana karena lumayan paham caranya. Dari Schiphol bawa 3 koper besar dan 3 koper kecil juga 2 anak menuju hotel kami di daerah Leidseplein, pokoknya rasanya: JUARA. Kalo suami aku bukan mas Ewa, kayanya aku udah dimarahin, haha. Nama hotel kami kali ini ABBA Hotel. Ini hotel bintang 1 atau bintang 2, atau mungkin setara hostel tapi kamar mandi dalem. Setiap milih hotel di EU, apalagi kalau biaya sendiri begini, saya ngga pernah ribet mikir harus bintang 3-4 apalagi 5. Yang penting budgetnya masuk, hotelnya bersih, kamar mandi dalem, akses enak, kalau kamarnya lucu itu nilai plus. Kebetulan dapet ABBA dan pas lihat langsung:

(+) dibawahnya ada Albert Heijn. YAAAAYYYY

(+) akses transportnya juara, depannya pas stop an trem

(+) deket Leidseplein, mau diniatin jalan juga bisa

(+) hostel bersih, lucu, dapet sarapan. Kamarnya kecil tapi bersih, neighborhood nya enak

(-) NGGA ADA LIFT! ini nih ujian bener kalau pilih hotel bintang 1 atau 2

(-) ada tulisan ngga boleh ngerokok, tapi tetep ya berhubung di belanda, ngerokok yang itu sih boleh. jadi di luar kamar kerasa bau-bau itu hehe

Sampai ABBA kita istirahat bentar, saya izin turun kebawah bentar untuk kangen-kangenan ma Albert Heijn (AH) sambel beli cake untuk tiup lilin Cica. Iya, tanggal 8 April ini Cica genap berusia 2 tahun, tapi berhubung dari pagi sampe siang ada huru-hara perjalanan yang tak kunjung usai, baru bisa dirayain sekarang deh. Pas masuk AH yang pertama didatengin tentunya bagian kue-kuenya. Aku kangen croissantnya, triple schocolade, roti coklatnya, slagroom soes, dan lain-lain, pokoknya semua enak! Beres pilih makanan, naik ke atas, kita merayakan kecil-kecilan tiup lilin pake cupcake bentuk kelinci. Cica happy banget, semua happy.

Setelah bebersih, shalat dzuhur yang dijamak ke ashar, kami memutuskan untuk langsung jalan-jalan (bener-bener ga ada cerita tidur siang). Karena kebetulan gak punya rice cooker, jadi rute hari ini: Leidseplein, Dam, Nieuwmarkt, UvA Roetersstraat, Museumplein, PC Hoofstraat. Banyak ya? Tapi alhamdulillah berhubung hafal sama Amsterdam, ngga pake susah kesana kemari. Sepanjang naik trem rasanya happy banget, dag dig dug, ngga nyangka akhirnya bisa ke Amsterdam lagi. Lihat UB, jadi keinget masa-masa kuliah, jalan-jalan di Nieuwmarkt bela-belain beli makanan Indo dan rice cooker. Lalu ke UvA Roetersstraat dan duduk-duduk kangen-kangenan sama UvA. 2013 kemarin saya sempet ke Amsterdam dan sedih banget sewaktu keinget ga sempet sama sekali foto di UvA. Kali ini saya bales dendam, foto sama anak-anak, foto Nanu depan UvA (semoga suatu saat Nanu bisa kuliah disini ya), sampai masuk ke dalam UvA. Alhamdulillah walaupun singkat, happy banget deh kunjungan ke UvA kali ini. Diakhiri dengan ke Museumplein dan santai-santai di tamannya. Disini kita buka nasi putih yang kita beli di Nieuwmarkt, buka perbekalan lauk yang dibawa dari Indo, dan makan sambil menikmati sore. Saya termasuk balas dendam juga disini. Waktu dulu pas sekolah di Belanda ga pernah ada cerita nongkrong di taman. Selalu kerja, hiks. Setelah puas main, kami kembali ke hotel dan baru istirahat deh.

Alhamdulillah kunjungan hari pertama di Ams nya super happy. Nanu Cica semua happy. Ngga sabar untuk trip besok!