This Year Financial Plan

Olaaaaa… udah lama ga update blog ya. Akhir2 ini loaded kerjaan dan juga tingkat stress meningkat, terjadi di saya dan Ewa, jadi udah lamaaa banget males update blog. Padahal tiap kerja depan komputer, cuma ya itu… malas. Hehe. Mau bahas apa ya kali ini, sebenernya pengen recap yang udah terjadi akhir2 ini, tapi ah sutralah malas recap2 mending sharing yang lagi ada di jalan pikiran saya dulu ya…

Saya nih seorang istri merangkap Ibu, leader sebuah perusahaan kecil (nerusin perusahaan kecil Ibu saya ya yang saat ini lebih nyaman berkarier di organisasi kesukaannya), dan juga ikut andil membantu perusahaan suami walaupun cuma skala bantu ngatur keuangan aja ya. Untuk mengerjakan semua job desk tersebut, plus saya yang kudu mobile dua minggu sekali kontrol usaha di Jogja atau Jakarta, bisa dibilang skala waktu 24 jam sih waktu saya udah HABIS buat ngejalanin ini semua… Gara2 waktu yang habis inilah, meskipun di awal2 saya sering buat financial plan, setiap ada perubahan rencana saya selalu lupa update financial plan tersebut. Akhirnya tiba di suatu masa saya bisa utak atik financial plan yang udah ada. Kebetulan tadinya saya berencana punya adeknya Keanu secepatnya, kebetulan udah pengen banget punya dede bayi lagii.. Etapiiii sewaktu saya recheck ulang financial plan ya, mengingat ada tambahan:

– saya buat asuransi jiwa untuk Ewa.Β 

– Keanu pindah sekolah ke sekolah yang seharusnya baru dia masukin nanti pas TK. Berarti ada biaya tambahan yang harus dikeluarkanΒ 

– saya berencana bikin asuransi kesehatan untuk saya sekeluarga, dan jiwa utk saya sendiri.

lalu ternyata secara financial check ala2 saya sendiri, dana yang ada buat sekolah Keanu cuma sampe lulus TK aja! Spanneng ga sih? Saya ga nyangka aja ternyata selama ini saya sangat konsumtif sampai lupa sama sekali kalo saya ada kewajiban.. Akhirnya ya udah deh hancur lebur semua impian punya tas baru dan apapun yang baru di tahun 2014 ini, saya memutuskan untuk lebih perhatian ke hutang credit card (alhamdulillah satu dari empat credit card udah lunas dan berhasil dimusnahkan), walaupun endingnya sih sy berencana tetep punya dua credit card dari keempat credit card tersebut, dengan syarat saya pakai kalo emang perlu dan butuh banget aja. Kemarin juga saya baca2 buku Prita Ghozie dan sukses ditampar bolak balik sama Mbak Prita huhuhu. Saya mengakui banget deh kalo saya emang sangaaaaaat konsumtif dan lupa kalau ada tujuan yang harus saya kejar. Supaya lebih inget sama tujuan itu, saya mau summary ah disini:

– Selesaikan semua hutang credit card.-> one down, three to go

– Tutup dua credit card, sisakan hanya 2 dan hanya dipakai kalau dalam keadaan benar2 perlu dan harus segera dilunasi.

– Siapkan dana TK B Keanu.

Siapkan dana SD Keanu -> alhamdulillah sudah, walaupun pasti terasa berat krn saya pakai instrumen keuangan menabung secara tradisional bukan reksadana.

– Siapkan dana SMP, SMA & Univ Keanu -> reksadana.

Untuk mencapai dana tersebut, ya simpel jawabannya: ilangin sifat konsumtif. Say bye bye dulu deh buat akhir2 ini ke bioskop, mall, dan restoran. Welcome pasar, grocery store, dan toko dvd pelsongΒ buat hiburan makan enak yang mana harus masak sendiri atau nonton film terbaru. *nangis di pojokan*

Tinggalkan Balasan

