EUROTRIP PART 4: ITALY, Rome & Pisa

Dalam rangka menyelesaikan hutang postingan yang teramat banyak… *pasang iket kepala*

Kembali lagi bersama Keluarga Fatwa disini, kali ini saya mau cerita tentang perjalananan kita ke Itali… Itali menjadi salah satu negara tujuan wajib kita sewaktu pergi ke negara Eropa bulan Maret lalu… Kita pilih Roma, soalnya Ewa belum pernah ke Roma, selain itu kita juga Pisa… Perjalanannya sendiri diawali dari Belanda ke Roma lewat bandara Eindhoven, lalu dari Roma ke Paris dulu setelah dari Paris baru deh kita ke Pisa.

Kita berangkat ke Roma di hari Sabtu sore, naik pesawat RyanAir dari bandara Eindhoven. Berhubung naik maskapai low cost, jadi a big no no buat dateng telat, dan a big no no buat pengen sok ngirit terus coba-coba ngga daftar bagasi di awal yang berakhir kita ribet di bandara… Maskapai ini strict berat soal bawaan kabin yang cuma boleh 1 pcs, dimana tas wanita juga udah dihitung 1 pcs, mana kudu diukur pula di kotak ukuran bagasi kabin. Alhamdulillah proses check in kita lancar dan bagasi lolos, ngga diperiksa ukuran padahal sebelum ke meja check in, kita udah super ribet ngeluarin semua bahan bawaan dari koper hardcase kita, takut disuruh masukin koper ke dalam pengecekan ukuran bagasi kabin. Catatan lain adalah a big no no pake koper hardcase. Ribet bok, ngga bisa lentur mengikuti kotak ukuran bagasi. Ini dibawah saya lihatin ya kira2 begini nih bentuk kotak pengecekan ukuran bagasi yang ada di meja check in Ryan Air. Jangan sumringah dulu kalau ngga lihat dari jauh, soalnya mereka punya versi kardusnya.

Ryanair bag size check at Dublin AirportPic Chris Bacon

 

 

source:Β http://blog.kidstravel2.com/wp-content/uploads/2012/01/ryanair.jpg

ROME

Perjalanan ke Rome lancar alhamdulillah, kita mendarat di Rome Ciampino dan hari mulai gelap. Pas keluar dari bandara, ternyata antrian bus menuju centrum Rome udah mengulaaaaaar panjang. Rezeki bawa toddler, tiba-tiba kita disamperin sama dua orang perempuan pegawai bus Terravision (nama busnya, bisa googling dan beli tiket sebelum sampai kesana), dan disuruh maju ke depan karena kita bawa anak. Langsung deh tandem partner, saya bawa tas tangan dan ambil seat di bus, lalu Ewa bagian masukin koper dan stroller di bagasi bis. Perjalanan ke kota Roma alhamdulillah lancar juga. Kita pilih hotel yang ada pas di sebelah stasiun kereta utama Roma, yaitu Roma Termini. Nama hotelnya hotel Marsala, reviewnya lumayan bagus di booking.com. Sebelum masuk ke dalam hotel, kita beli air putih dan lain-lain sebagainya (termasuk Nutella to Go!), ransum buat makan malam di hotel. Berhubung cape berat, kita putuskan buat ngga keluar kamar dan beli makanan di deket2 hotel, siapin tenaga buat besok. Kita di Rome cuma 2 malem, jadi sampai Sabtu Malem, tapi Senin pagi udah berangkat naik pesawat jam 7 pagi. Jadi besok bener2 harus dipadetin buat muter2 Rome.

Bangun pagi, kita sarapan makanan yang disediain sama hotel. Buat Nanu sih nasi putih plus abon plus kecap, makanan favorit dia. Sarapan yang disedian hotel ada croissant pake nutella sama butter aja, roti tawar pakai selai buah, sama sereal. Tapi pas kita nyoba croissant nutella nya, nikmatnya ngga ketulungan. ENAK BANGET!!! Croissantnya empuk, passs banget ditemenin sama Nutella. Oh ya, kalau menurut saya, di benua Eropa ini, mengingat makanan utama mereka adalah roti atau kentang, jadi puas2in makan roti2 nya deh. Soalnya enak2 banget, jauh di bandingin Indonesia.

Setelah selesai isi bensin, kita jalan ke depan hotel, udah siap deh bis Citysightseeing. Bisnya warna merah dan open top, jadi bisa duduk di atas kalau mau keliatan lebih jelas. Oh ya, selama di Rome ini kita seneng banget soalnya bisa meninggalkan coat. Asli panas banget, rasanya seneng keluar ngga harus pakai long john atau coat. Untuk tiket bisnya sendiri, saya udah beli dari Indonesia. Mostly semua yang berhubungan sama pertiket-an, saya udah beli di Indonesia, tinggal bawa print-annya aja, jadi mengikis ke-hectic-an selama di negara tujuan.

photo 1 photo 2

534032_10151605875409715_910194485_n

Berhubung naik bis citysightseeing, jadi kita cukup terbantu sama turun di deket objek wisata tujuan. Alhamdulillah semua dapet, Colosseum dapet, Vatican dapet, Trevi Fountain dapet, semuanya ngga pake hectic bin rusuh. Pas Keanu tidur, kita sempet makan siang pasta asli italiano di deket Vatican, enak dan murah ya harga2 restoran di Roma dibandingin sama Belanda. Pas Keanu bangun, kita kebetulan udah mau sampai Trevi Fountain, jadi sekalian nyuapin dia dulu di depan air, lumayan mempermudah makanan masuk ke mulutnya. Hehe. Abis muter2, kita balik ke hotel, mampir resto cina deket hotel, beli nasi goreng yang harganya cuma 4.5 euro aja, lalu berangkat naik bis Terravision ke arah Ciampino. Mengingat kita naik pesawat jam 7, jadi kita pilih buat nginep di hotel deket Ciampino. Nama hotelnya kalo ga salah hotel Ciampino deh, bintang 3 jadi kamarnya bersih dan enak. Sampai hotel baik bapaknya maupun anaknya lahap bener makan nasi gorengnya. Sebelum tidur, saya siapin semua kebutuhan buat besok, dari underwear, long john, baju, coat, kaos kaki dan sepatu Ewa, saya, dan Keanu. Soalnya besok kita kembali ke negara yang masih semriwing yaitu Paris. Ngga usah ditanya betapa lelapnya kita tidur malam itu, dan keesokan harinya harus bangun jam 5 pagi pula. Dapet mobil ke bandara, lalu sampai bandara pas check in saya sempet beli croissant nutella yang endeuusss bener. Eh pas check in seketika kita disuruh masukin koper ke tempat pengecekan, dan ga bisa masuk pula! *nangis*. Kita pun disuruh bayat 50euro di tempat… Salah satu pelajaran ya Bapak-bapak Ibu-Ibu, kalau urusan sama low cost airlines, mending diatur dan diyakini bener2 bagasinya, apalagi kalau di Eropa gini semua ketat… Ngga bisa kaya di Indo bisa nego halus.. Masuk pesawat, Ewa ngelus2 rambut saya dan bilang “nggapapa, udah kita nikmatin aja perjalanannya…” jam 7 pagi menuju bandara Paris Beauvais… Cerita tentang Paris nanti ada postingannya sendiri ya…

PISA

Kita berangkat ke Pisa dari Paris, naik pesawat malam nya Ryan Air. Jangan ditanya lagi ketegangan sewaktu mau check in, super tegangggg takut kena denda 50 Euro lagi. Tapi alhamdulillah lolos ngga ada pengecekan ukuran bagasi, boarding sekitar jam 9 malem dan mendarat di Pisa jam 11-an malem. Bandara di Pisa cuma satu, jadi kita turun di bandara utama. Banyak banget yang bilang kalau Pisa kotanya membosankan, cuma ada menara Pisa doang, mendingan nginep di Florence. Tapi kondisinya, lagi-lagi, kita di Pisa cuma semalem, besoknya naik pesawat malam menuju Belanda. Kita nginep di hotel kecil, bintang dua, lagi-lagi deket central station. Satu peraturan ngga tertulis buat saya nentuin hotel kalau liburan adalah, kudu, wajib, harus, deket central station. Supaya gampang kalau mau kemana-mana. Kecuali udah kenal kotanya ya, kaya di Amsterdam, dibawa nginep ke Zeeburg juga ayo deh. Nama hotelnya saya lupa, bin males searching di email, tapi yang pasti dapet skor bagus di booking.com. Alhamdulillah pas masuk ke dalam kamar, semua puas, terutama Ibu saya ya sebagai yang punya gawe, hehe. Kamarnya enak, kasur enak, kamar mandi enak, dan dapet sarapan pula. Malam itu tentunya semua tidur sepulas-pulasnya, ngumpulin tenaga buat besok.

Besoknya kita bangun pagi, siap-siap, meluncur ke tempat sarapan. Di hotel ini, resepsionis merangkap yang nyiapin sarapan juga. Walaupun hotel kecil, tapi untuk sarapan dari roti kering, roti tawar, croissant, nutella, telur, susu, sereal, kopi dan teh, komplit semua ada. Beres sarapan, kita langsung menuju stasiun, foto2, dan naik bis menuju Menara Pisa atau The Leaning Tower of Pisa. Di kompleknya ada Menara Pisa dan tempat-tempat lainnya, ga tau namanya apa. Hahahaha. Kita makan siang di McD yang lokasinya tepat di pintu masuk Komplek Menara Pisa. Beres liat-liat menara Pisa, kemana lagi? Ya kembali ke hotel aja.. Hahaha. Kita sewa satu kamar buat transit sampai jam 6 sore, lalu berangkat ke bandara deh.. Siap-siap menuju Maastricht, Belana. Jangan ditanya lagi kehebohan di bandara Pisa pas mau check in, mereka super ketat nyuruh kita masukin bagasi ke lagi-lagi si pengecekan ini. Dan jangan tenang-tenang aja kalau pas check in diperiksa terus berasa ntar pas boarding ga diperiksa, kadang mereka iseng suruh masukin lagi pas boarding. Alhamdulillah ga ada masalah sama sekali selama check in ini, semua tenang masuk pesawat, cussss menuju Maastricht. Cerita tentang Maastricht udah sedikit dibahas di postingan yang Belanda yaaa….

Lanjut lagi nanti di postingan berikutnya ya, tentang ParisπŸ™‚10028_10151606025529715_1732722361_n

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s