Prinsip hidup kamu apa?

“coba deh sebelum lo ngelakuin sesuatu, bayangin kalo lo ada di posisi dia sekarang? apa yang lo rasain? enak ngga? atau ngga enak? kalo lo ngerasa ga enak, tega ga lo ngelakuin hal yang bikin orang sakit?”

saya masih inget banget sama kalimat yang keluar dari mulut fairy godmother slash ibu asuh slash yang paling tua jadi banyak pengalaman *peace* Sintha, teman saya waktu kita sama2 tinggal di Belanda.. saya inget banget setiap ada kejadian ngga enak di hidup saya waktu itu, saya lari ke apartemen Sintha. Dan setiap cerita betapa saya dendam kesumat sama seseorang dia yang namanya tak boleh disebut dan punya pikiran untuk bikin konspirasi yg aneh2, Sintha selalu nasehatin saya dengan kalimat di atas.

Yang intinya adalah, sebelum kita melakukan sesuatu yang mengusik hati dan perasaan orang lain, coba dibayangin dulu kalau kita jadi dia, nyakitin ngga sih? Kalo iya, maka lebih baik kita ngga lakuin. Karena kita akan membuat orang lain sedih atau sakit hati. Andaikan semua orang berpikir seperti ini, mungkin ngga akan ada kejahatan hati level kecil seperti selingkuh terang2an pake keep calm generator segala lah sampai yang kriminalitas… Dunia damai karena kita selalu pakai perasaan orang lain sebagai filter untuk kita bersikap ke orang lain…

just my two cents, maaf kalau ada pihak yang merasa tersindir *peace*

Tinggalkan Balasan

