EuroTrip: Planning The Trip

Alhamdulillah, kira2 pertengahan sampai akhir Maret 2013 kemarin kita dikasih hadiah sama Yangti liburan sekeluarga ke Belanda. Ceritanya sebenarnya berawal dari ibu saya, sekarang selalu menyebut dirinya Yangti (maunya dipanggil sebutan ini sama Keanu), rutin ikut pameran di Belanda. Dulu pas tahun 2008-2009 ikutan Tong Tong Festival, nah kebetulan tahun ini kita dapet tawaran untuk bergabung di Pasar Malam Indonesia. Singkat cerita berhubung saya pernah tinggal di Belanda jadi tentunya yang bertugas ngurus segala itinerary itu saya, dengan hadiah diajak pergi sekeluarga termasuk Keanu. Wuah, tantangan banget tuh pergi bertiga ma Keanu, apalagi sekarang Keanu lagi masa2 nya aktif *kencengin ikat kepala*.

Lalu, apa aja sih yang perlu saya siapin sebelum berangkat liburan ke Eropa? Dibawah ini saya list ya persiapan sebelum berangkat:

1. Paspor, harus lengkap ya sekeluarga jauh-jauh hari.

2. Persiapan visa, nah untuk visa nih tergantung sama negara yang paling lama disinggahi selama berlibur / negara pertama yang didatengin, maka buat visanya ya di embassy negara tersebut. Β Nah berhubung saya lebih banyak tinggal di Belanda selama liburan ini, jadi kita apply ke embassy Belanda. Yang dibutuhin untuk visa dari kedutaan belanda adalah:

– Tiket return Jakarta – Amsterdam – Jakarta. Dapet ticket murah dari KLM, dibawah usd 1000. Untuk Keanu sendiri karena belum dapet seat jadi ticketnya cuma usd 60.

– Bookingan hotel. Seperti biasa booking lewat bookingdotcom. Web favorit untuk booking2 hotel di luar, kalo agodadotcom ga demen soalnya tax belum keliatan di harga awal, jadi pas bayar di akhir suka kaget sendiri.

– Bikin pasfoto yang ukurannya sesuai sama yang diminta embassy Belanda. Untuk ukuran pastinya lupa, cuma pada pelaksanaannya sih kita tetep foto di embassy karena katanya foto yang saya bawa gak sesuai sama ukuran yang mereka minta. Oh ya, foto di embassy bayar Rp 50.000 / orang.

– Rekening koran tiga bulan terakhir / surat sponsor dari perusahaan.

– Asuransi perjalanan yang mengcover minimal Eur 30.000. Kita bikin online di axa, yang ternyata jauh lebih murah daripada bikin di travel agent.

– Isi formulir apply visa.

– Invitation letter kalo ada teman / keluarga yang tinggal disana. Saya sendiri berhubung ada adik kuliah disana, jadi ya kasih invitation letter dari adik saya.

Oh ya kedutaan Belanda ini termasuk cepet lho ambil keputusan kasih visa / ngga, apalagi kalau semua berkas kita udah lengkap. Kita bertiga masukin berkas di hari Jumat sebelum jam 10 pagi, nah jam 1 siang paspor kita udah bisa diambil, alhamdulillah pengajuan visa kita juga diapprove.

3. Berhubung kita pengen mampir Pisa, Rome, dan Paris, saya juga menyiapkan ticket RyanAir untuk sampai ke negara2 tersebut.

4. Winter outfit! mengingat kata adik saya di Belanda masih dingin banget, dan terutama kita bawa toddler yang harus dijaga banget kesehatannya, jadi saya bawa winter outfit dari longjohn, legging, sweater, coat, sarung tangan, shawl, dan kupluk buat Keanu, Ewa, dan juga saya sendiri. Semua winter outfit ini belanjanya di Twig House Bandung, Tancha Bandung, sama Surika Mangga Dua. Khusus untuk Keanu semua saya belinya ga cuma 1, sarung tangan bawa 2 stel, shawl bawa 2 stel, sweater ada 4 biji, coat ada 2 biji, longjohn juga 2 biji. Soalnya saya ngerasa kalau barang2 anak kecil begini pasti agak rempong carinya kalo tiba2 keselip dimanaaa gitu.

5. Kebutuhan hidup di Indonesia yang harus dibawa kesana: ini maksudnya kaya rokok Gudang Garam Filter nya Ewa, saya bawa 10 bungkus. Trus saya juga bawa kopi aroma kesukaannya Ewa, karena Ewa nih lebih demen sama kopi aroma daripada starbucks. Selain itu standar lah ya, saya bawa coffeemix, mie instan, bubur ayam instan, pop mie, abon, serundeng, kecap, rendang, dan lain2.

6. Ken’s important stuff: lagi2 berhubung bawa toddler jadi saya kasih perhatian ekstra buat Keanu. Saya sengaja ke dokter anak sebelum pergi dan minta list obat2an yang aman untuk jadi pertolongan pertama Keanu. Standar lah ya, saya dikasih obat pilek, obat batuk, obat demam, obat diare. Semua saya bawa di satu kotak. Saya juga bawa sari kurma yang menurut saya lebih mantep buat jaga kesehatan Keanu drpd vitamin manapun. Selain itu saya juga bawa rice cooker mini, slow cooker, sama susu ultra mini coklat kesukaan Keanu 30 kotak aja.

Trus apa lagi yaaaa… Hmmm belum keingetan lagi. Kayanya semua yang penting udah ditulis deh, jadi ya begitulah persiapan saya sebelum berangkat pergi ke Belanda. Nanti selanjutnya pelan-pelan saya update perjalanan sampai ke Belanda dan pulang lagi ke Indonesia. Segini dulu yaaa postingannya, udah malem, mau istirahat dulu.

Nitey niteπŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s