(Sedikit) Tentang Reksadana

Perkembangan financial keluarga…..belum ada. Hahahaha. Sempet ada temen saya, Aulia, pemilik blog http://fatima-aulia.blogspot.com , ngetweet dan bilang: Lan, ditunggu postingan tentang reksadananya. Langsung ngelamun baca tweetnya Aul, hahaha. Kebetulan belum nyoba reksadana karena *lagi-lagi* belum ada dananya. Walaupun insyaallah ilmu reksadananya udah ada, terimakasih kepada blog keluarga favorit saya http://keluargakamil.wordpress.com , dan juga mbak Gina, salah satu cs di bank MandiSendiri yang ngejelasin dengan detail sedetail detailnya. Oh iya sekedar summary, reksadana bisa dimulai dengan Rp 500.000 aja kok, di bank MandiSendiri atau di bank KuningItemOstrali itu. Bedanya kalo di bank yang pertama, top upnya minimal Rp 100.000 DAN harus dilakukan di cs bank, dateng sendiri, plus kalo kata mbak Gina harus sebelum jam 12 siang. Sementara katanya di bank kedua, kita dikasih token, jd bisa top up sendiri pake internet banking TAPI minimal Rp 500.000. Oh ya selain itu di bank lain seperti bank DanaMoon juga bisa, tapi reksadananya mostly minimal Rp 5jt. Untuk memilih reksadananya yang mana, mbak Gina bilang sih pihak bank TIDAK AKAN memberi rekomendasi sedikitpun mana yang bagus, walaupun tentunya list pilihan sih ada. Untuk milih list yang bagus bisa browsing mbah google atau klik infovesta. Lagi2 untuk hal ini saya masih awam KARENA saya belum naruh uang untuk reksadana. KENAPA? Ya karena dananya masih kesedot untuk kpr, biaya sekolah pg, tk, sd, dan biaya hidup sehari-hari. Walaupun saya udah buat janji sama diri sendiri, in case nih misalnya ada dana yang nilainya lumayan, tentunya saya akan nyingkirin tuh mobil baru, baju baru, tas baru , hahaha, yang harus keisi duluan ya pos sekolah Keanu. Akan sangat nyenengin banget kalo dana smp – sma Keanu ga perlu top up top up terus hahaha. Tapi langsung kesimpen senilai dari yang direncanain. Berapa sih yang direncanain untuk reksadana smp – sma – kuliah Keanu, berikut itungannya:

Sekolah / Tahun Lama Investasi Total Biaya Dibutuhkan Per Tahun ini Biaya Nanti Menabung / Bulan Target % Investasi Target Dana Investasi Investasi / Bulan
SMP / 2023 10 tahun Rp 19,535,000 Rp 61,309,184 Rp 510,910 15% Rp 30,000,000 Rp 250,000
SMA / 2026 13 tahun Rp 19,535,000 Rp 81,602,543 Rp 523,093 15% Rp 39,000,000 Rp 250,000
Univ / 2029 16 tahun Rp 195,000,000 Rp 2,086,367,505 Rp 10,866,498 25% Rp 230,400,000 Rp 1,200,000

keliatan kan, kalau nabung terutama buat yang kuliah tuh, sedikit impossible. Jadi emang paling bener reksadana. Insyaallah tahun 2013 ini kita mulai reksadananya sih, itungan diatas juga per Januari 2013 sih. Pokoknya emang perbulan ini pasang kacamata kuda ma sale, kalau perlu malah berhenti ngelongok marketplaza epdi yang isiinya racuuunnnn semua *kekepin dompet ma token*. Banyak yang underestimate sama rencana saya ngatur keuangan keluarga, ga usah jauh2 Ewa juga awalnya ngga percaya ma itungan financial. Padahal tanpa kita sadarin, bukti inflasi ada di sekitar kita. Siapa yang ga pernah ngerasain permen harga 25 perak? Jaman sekarang sih pengamen dikasih 25 – 50 perak juga udah misuh2 kali. Atau biaya SMA saya dulu yang cuma 25rb perbulan? Jaman sekarang kita bisa bilang “cuma” padahal jaman dulu, 25rb itu something *ya iyalah, nasi ayam KFC juga cuma 5rb*. Sementara sekarang mau makan di KFC jadi minimal 25rb plussss spp sekolah negeri udah 100rb-an aja. Jadi, mau tutup mata sama inflasi? Plusss beberapa juga underestimate dengan bilang, ngapain nabung seratus dua ratus ribu, mending bisnis. Bagimu keuanganmu, bagiku keuanganku, begitu jawaban saya, as simple as that. Demikian sedikit celotehan saya tentang reksadana, sekian dan terimakasihπŸ™‚

Β 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s