Our Family Financial Planning

Masih seputaran financial planning nih, ngelanjutin bahasan yang udah di bahas di postingan sebelumnya. Kali ini saya mau ngebahas financial planning keluarga kecil saya. Kalo nginget2 financial planning nih banyak penyesalan loh, kenapaaaa baru ngeh sekarang. Aslinya saya ga kepikiran tuh soal urusan keuangan SAMPAI punya rumah sendiri. Iya, semenjak ngurus rumah sendiri, baru nyadar kalau hidup itu perlu menabung. Dulu sih ga berasa kali ya, uang kepake buat foya2 mulu (baca: tiap hari jalan-jalan bok ma Ewa. Mall ma cafe makanan sehari2 deh dulu). Sekarang nyisa penyesalan aja kok ya dulu ga ditabung gituuuu… Ah sudahlah. Mari kita mulai yeeee bahasannya.

Jadi ya, setelah baca buku mbak Ligwina, saya simpulkan bahwa dalam hal merencanakan keuangan keluarga, diperlukan dana2 dibawah ini:

Dana Yang Dibutuhkan Tipe Investasi Keterangan
  1. 1.       Dana Pendidikan Anak

PG

TK

SD

SMP

SMA

Universitas

(Keanu saat ini umur 15 bln)
TRM 9 bulan
TRM 2 tahun 9 bulan
TRM 4 tahun 9 bulan
RD Campuran 7 tahun 9 bulan
RD Campuran 10 tahun 9 bulan
RD Saham 13 tahun 9 bulan
  1. 2.       Dana Pensiun
RD Saham 30 tahun
  1. 3.       Dana Darurat
Gabungan LM, Tabungan, Deposito, RD  
  1. 4.       Dana Rumah
KPR  
  1. 5.       Asuransi Jiwa
Term Life  
  1. 6.       Asuransi Kesehatan
??  
  1. 7.       Dana Liburan
TRM  
  1. 8.       Dana Melahirkan
TRM  

Yang ada diatas dan dicoret itu maksudnya udah beres, udah diwujudkan, sedang dalam proses penyelesaian setiap bulan autodebet cynnn dari rekening saya dan Ewa. Nah sisanyaaaa? Ada yang proses dikumpulin dikit2, kaya dana darurat, tapi sisanya adalah belum sama sekali… Hehehe. Oh ya sebenernya yang dibahas mba Wina di buku cuma sampe dana liburan sih, cuma kata mba Wina di kelas financial planning hari ini setiap orang bebas membuat tujuannya apa, supaya tidak mengganggu pos yang udah dibuat. Jadi keinget diatas kurang pos dana tas impian. Hahaha untuk yang ini kayanya kapan taun yeee secara yang utama kudu dipenuhin dulu *pasang kacamata kuda*. Nah maka dari itu saya menambahkan dana melahirkan mengingat saya melahirkan caesar dan biaya ngelahirin Keanu kmrn lumayan bikin nelen ludah sebanyak-banyaknya mwahahaha jadi aja buat anak kedua nanti musti jaga2.

Lalu, kenapa sih saya sama Ewa belum nyiapin dana2 selain yang dicoret itu? Alasan pertamanya adalah karena kondisi keuangan kita blm stabil mengingat awal tahun kemarin kita buat keputusan yaitu mencoba beli rumah impian yang sekarang kita tempatin ini, sehingga mostly dana kita dipake untuk DP rumah dan juga investasi ke usahanya Ewa dengan kakak2nya. Selain itu juga karena saya belum ngerti reksadana! Hahaha untuk ini kayanya musti banyak2 konsultasi sama temen2 yang udah main RD, ajarin saya dongg…

Untuk asuransi jiwa saya sih udah nentuin mau termlife, insyaallah tinggal berkunjung ke kantor2 yang nyediain asuransi termlife. Ampe skrg kayanya susah bener nyeret kaki ke kantor2 itu ya. Kalo asuransi kesehatan sih udah ada yang diincer, yang pasti sy maunya yang mengcover biaya kesehatan di rs limijati ma rs borromeus, berhubung kalau ada apa2 dengan kesehatan + melahirkan saya prefer ke dua rumah sakit itu. Oh ya, ini jg karena saya dan Ewa wirausaha jd kita nyiapin asuransi kesehatan sendiri, buat yang kantoran tentunya biasanya udah dicover perusahaan. Untuk dana liburan dan melahirkan sih tentunya kalkulasinya udah ada, tinggal diwujudkan dalam bentuk investasi aja. Target liburan sekeluarga yang saya pengen banget itu ke HK atau Tokyo, berhubung dua negara itu punya Disneyland. Pengen banget bisa nyiapin dana buat berlibur ke dua negara itu.

Sekian deh kayanya bahasan tentang financial planning. Saya jg belum gape2 amat musti banyak belajar. Mimpi jd financial planner jg ada loh, kalo ada rezekinya pengen belajar financial planning. Quote of the day adalah:

Ewa: Jadi, kalau kita punya 4 anak, kita harus bikin 4 perencanaan dana sekolah ya bun?

Wulan: Betuuulll ayah, jd 2 anak dulu aja yaaa…?

Ewa: Hmmm gini deh, anak kedua smg kembar.

Wulan: ……………….. (antara mikir gen kembar dari mana, plus mikir ini Ewa ngga berhenti ngelobby punya 4 anak)

2 thoughts on “Our Family Financial Planning

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s