Financial Planning – Guest Lecture by Ligwina Hananto

Hari ini adalah hari paling menyenangkan buat saya, karena bisa ketemu, sharing dan dapet ilmu dari perencana keuangan terkenal: mbak Ligwina Hananto. Bener2 pas banget secara beberapa bulan terakhir ini saya lagi banyak2nya kepikiran soal financial planning keluarga kecil saya, bisa diliat di postingan2 sebelumnya. Semua ini gara2 ngga sengaja nemu buku mbak Ligwina: Untuk Indonesia Yang Kuat, di Gramedia. Padahal aslinya niat beli buku ini pure iseng, karena to be honest saya benci banget sama pelajaran Finance. Kenapa? Karena waktu saya s1 dulu, saya sukses dibuat nangis sama dosen finance. Gara2 ga boleh ikut ujian kalau pake cheat sheet dari kertas kwarto, sementara student lain pake kertas hvs. Ya emang kebodohan saya sih karena ngilangin si kertas hvs itu, cuma please deh, itu cuma kertas, dan kertas kwarto kan jelas2 lebih cilik dari kertas hvs, tapi tetep ga boleh, trus saya harus nulis ulang semua rumus selama sejam aja sebelum ujian. Sejak itu kaya jadi benci banget sama matkul Finance. Lumayan berubah sih persepsinya setelah s2 ketemu dosen finance yang asli baek banget, tapi tetep ga jadi milih konsentrasi finance juga sih. :p

Anyway, kembali lagi ke bahasan financial planning. Kemarin tiba2 dapet email yang ngasih tau kalau ada guest lecture mbak Ligwina di SBM. Udah ngga pake mikir2 lagi itu sih, langsung dateng aja hari ini. Siap2 bawa bukunya plus notes dan alat tulis. Ambil seat yang viewnya paling ok *apaseh*. Haha. Beberapa menit sebelum kelas mulai, mbak Wina masuk, first impression orangnya ramah. Saya sambil malu2 ngedeketin, bawa bukunya, trus minta tanda tangan. Ini dia hasilnya:

Kelas pun dimulai dan penjelasan semua full english. Amazed juga sama bahasa inggris mba Wina yang cas cis cus plussss logat aussie jd kudu bener2 merhatiin banget. Tipe ngejelasinnya jg ceplas ceplos, i like it, karena menurut saya emang kalo ngebahas financial planning kudu agak “kejam” secara itu kewajiban manusia ya bok buat mendanai dirinya sendiri dan juga keluarganya dan sekitarnya. Nah dari yang dibahas hari ini, saya kasih poin2 yaaa apa aja sih yang udah dijelasin sama mbak Wina:

– Success is when I don’t have to worry about money

Disini mbak Wina menekankan pentingnya menabung dan investasi. Tanpa kita sadari, sebanyak apapun pendapatan kita, walaupun si pendapatan itu beranak pinak, tetep aja kalo ga ada tujuan kita ga akan nabung. Karena tanpa disadari, semakin tinggi gaji kita, expense ma lifestyle juga semakin naik, jadi aja yang ditabung tetep dikit.

– 3 Hal Utama dalam hal keuangan: Menabung minimal 10%, siapkan tujuan penting (dana darurat, dana pensiun, dan dana rumah), siapkan tujuan gak penting (shopping, liburan, dan beli gadget?)

Mbak Wina menekankan bahwa tujuan itu penting, mimpi kalo ga ada tujuan ngga bisa terarah. Tujuan juga baiknya ada limit waktunya.

– 4 tipe investasi: emas, reksadana, property, business.

Fun facts dari 4 tipe investasi ini adalah tentunya main saham di bej lebih pooollll returnnya di banding emas, property, atau bisnis. Tapi kalau mau “aman”, investasinya ya di reksadana.

– Indonesia adalah negara yang berInflasi, jadi ya harus investasi karena nilai uang saat ini akan berlipat2 bedanya di saat nanti.Β 

Kalau negara kaya Jepang, Paris, dll itu ga ada inflasi. Kehidupan sehari2 feed by their government. Mau begini? Bisa, tapi pendapatan kita dipotong pajak yang geda-nya naudzibillah. Hehehe.

– Learn to appreciate money. Spend wisely for consumption.

Tanpa disadari 80% dari GDP Indonesia adalah dari domestic consumption.

– Summary Produk Investasi

Jangka Waktu Tujuan (Tahun) Target Rata-rata Hasil Investasi Per Tahun Contoh produk dalam Rencana Keuangan
❀ 0% Tabungan/Deposito, ORI, RD Terproteksi
<5 7% RD Pasar Uang
5-10 10% RD Pendapatan Tetap, RD Campuran Konservatif
10-15 15% RD Campuran Moderat / Agresif
>15 25% RD Saham

 

Overall saya puas banget sama sharing session hari ini, soalnya bisa ketemu mbak Wina langsung, dan bisa denger langsung apa yang ada di bukunya. Secara kalau konsultasi langsung mihilnya, kalo dirate hampir 100 dollar deh konsultasi sama mbak Wina per jam nya *ini untuk menambah efek lebay, dijadiin dollar. Padahal mbak Wina nyebut ratenya pake rupiah, hihihi. Dan dia ngasih tau jg karena ada yang nanya*. Yang ga puas palingan karena kelas hari ini ditujuin buat anak2 SBM yang berarti anak S1 dan mostly semuanya masih single belum menikah apalagi berbuntut. Jadi bahasan cuma seputar dana pensiun, dana darurat, dan dana rumah. Itupun ngga detail. Jadi kepengen dateng ke seminar yang pengisinya Mbak Wina tapi khusus buat gadis2 muda yang kebetulan udah menikah dan seketika memiliki anak *apa seeeehhhh*.

Nah, sekarang kalau dari apa yang dibahas mbak Wina di bukunya, mari kita rangkum apa aja sih yang perlu disiapin dalam hal financial planning keluarga, dimana? Di postingan berikutnya… haha berhubung ini udah panjang ajaaaa gtu. Lanjut ya, di postingan berikutnya!

One thought on “Financial Planning – Guest Lecture by Ligwina Hananto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s