Cerita Dibalik Pumping Asi Untuk Keanu :)

Sehubungan dengan Keanu bakal menjadi sarjana asi ekslusif atau asix *aminnnn* *masih 5 hari lagi, sih, mohon doanya*, tentunya ada hubungannya dengan “hobby” gw pumping. Karena percaya deh *pengalaman gw sih* sebanyak apa gw pumping sehari jg gw tetep defisit. Jadi untuk mensiasatinya gw rutin pumping. Soal pumping-pumpingan ini mungkin, mungkin yaaa, akan sedikit lebih mudah untuk ibu menyusui yang bekerja kantoran. Karena mostly kantor menyiapkan nursery room buat pegawenya, dan mostly banyak ibu2 yang senasib jd bisa mompa rame2. Sementara gw adalah ibu menyusui yang masih kuliah, daaaaan di kampus gw ngga ada itu yang namanya nursery room. Trus gimana? Yak, mari kita mulai ceritanya…

Gw biasanya pumping tiap pagi bangun tidur, berhubung setiap malam gw nyusuin Keanu sambil tidur, biasanya payudara (pd) yang ngga kepake sama sekali selama semaleman itu besok paginya gw pompa. Ngga takut mampet/salah satu pd berhenti berproduksi? Takut sih, cuma dalam kondisi tidur gimana gw mau sadar ganti2an ngasih pd. Lagipula, sugesti gw pd yang didiemin semaleman tiap dipompa pasti hasilnya banyak. Untuk mensiasati mampet / berhenti berproduksi, gw selalu pindah2 posisi tidur, jd ga pernah netap di satu sisi. Alhamdulillah Ewa ngga pernah ngeluh dan selalu mau diajak tukeran posisi tidur tiap hari.

Setelah pagi mompa, biasanya hasil pompaan pagi akan gw gabung dengan beberapa botol asi perah (asip) beku untuk minum Keanu selama gw kuliah. Percaya deh, gw ga pernah tepat loh dalam menghitung seberapa banyak Keanu minum asip. Sering banget gw defisit, walaupun sesekali bisa kebanyakan jd gw bisa lanjutin jalan2 :p . Semisal, gw nyiapin 7 botol asip untuk gw kuliah dari jam 08.00-19.00, tapi jam 17.00 susternya laporan kalo asipnya udah abis! Blaaaar langsung deh dadakan Keanu dibawa ke kampus, nungguin gw beres kuliah, jaga2 kalau tiba2 dia minta nenen.

Perlengkapan perang pumping ke kampus apa aja ya? Nih gw data:
1. Satu tas harrods merah lumayan besar yang bisa mengangkut semua perlengkapan perang mompa.
2. Breast pump Medela Mini Electric dan selang sebulan tergantikan oleh Medela Swing, percaya deh si Swing ini udah yang paling enak.
3. Medela cooler box + blue ice gel nya
4. 4 buah medela breastmilk bottle.
5. Thermos kecil air panas.

Oh iya, ada peran dosen2 di kampus jg lho dalam hal pompa memompa ini. Gw kan kuliah untuk satu mata kuliah membutuhkan waktu empat setengah jam dengan waktu istirahat dua kali di antara tiga sesi tersebut. Sementara gw mompa tiap dua jam, jd gw sering banget ngabur pas sela2 sesi kuliah untuk mompa. Contohnya:
Pas semester 2, gw kuliah tiap Senin dari jam 08.00 – 19.00.
Jam 08.00-09.30 sesi 1 mata kuliah branding
Jam 09.45-11.15 sesi 2 mata kuliah branding
Jam 12.00-13.30 sesi 3 mata kuliah branding
Jam 14.00-15.30 sesi 1 mata kuliah consumer behavior
Jam 15.45-17.15 sesi 2 mata kuliah consumer behavior
Jam 17.30-19.00 sesi 3 mata kuliah consumer behavior

Nah, biasanya gw pas sesi 2 kuliah keluar bentar selama 15 menit buat pumping, pokoknya selalu di pas in 2 jam sekali pumpingnya. Untuk mata kuliah yang dosennya perempuan, gw terang2an blg kalo gw mompa. Kemana gw mompanya, berhub ngga ada nursery room? Pernah di kamar mandi, tapi paling sering ya di musholla. Mana musholla kampus terbuka pula, tapi untungnya cewek ma cowok dipisah. Oh iya, terimakasih juga buat temen2 sindikat Momogi ma Slowmotion and dLetoy, nama sindikat gw yang selalu ngizinin gw untuk pumping di tengah2 diskusi grup. Kadang malah temen2 gw yang bawa2in si tas besar isi pompa dan segala perlengkapannya.

Kalo males mompa? Tentunya ada aja masa2 males mompa. Biasanya kalau udah begini gw bawa Keanu sama babysitter gw ke kampus, ambil ruang sindikat yang kosong, dan ninggalin Keanu ma babysitter gw di sana. Untungnya ruang sindikat di kampus gw ber-ac, jd Keanu jg nyaman. Kalo ruang sindikat penuh? Ya lagi2 musholla. Cuma kalau di musholla ngga enak sama orang lain pas jam nya shalat karena menuh2in musholla. Setiap bawa Keanu ke kampus, yang dibawa jg ngga sedikit. Gw terbiasa bawa:
1. Satu tas besar oleh2 Ibu dari bin dawood arab.
2. Summer baby seat yang bisa dilipet
3. Mainan2 kecil yang bisa bunyi (rattle) ma teether
4. Buku sing a long cars atau thomas
Semua yang gw bawa diatas untuk membantu Keanu ngga suntuk nunggu gw kuliah. Alhamdulillah, Keanu ngga pernah rewel di kampus.

Bagaimana dengan hasil pompa? Tentunya ga melulu bagus. Seperti gw ceritakan di posting sebelumnya, awal mompa gw cuma dapet 10-20cc. Setiap ngintip timeline @aimi_asi gw selalu sedih dan merasa ga mampu karena liat hasil perasan ibu2 lain yang bisa sampai 150cc. Tapi lama-lama gw pelajari bahwa asi itu ya demand dan supply, kalo demandnya segitu ya berarti supply yang keluar menyesuaikan. Lama2 seiring dengan umur Keanu, hasil perahan gw bisa membanyak, alhamdulillah bisa sampai 80-90cc. Setelah ganti medela swing lebih oke lagi, bisa 120-150cc sekali mompa, walaupun jarang banget sih sebanyak itu, gw rasa mood gw bener2 berpengaruh, jd emang musti happy berat kalo mau hasilnya 150cc. Hehe.

 

Hasil karya

Jadi, itu dia pengalaman gw pumping selama masa asi ekslusif Keanu. Nantinya setelah Keanu makan, tentunya susah bawa Keanu ke kampus karena bawa perlengkapan makan lebih rempong jatuhnya. Jadi bakalan full pumping selama semester 3 ini. Alhamdulillah, ini semester terakhir jadi sedikit meringankan beban sampai S3 ASI nya Keanu nanti. Sekian cerita gw tentang pumping di kampusπŸ™‚ semoga menjadi penyemangat teman2 sesama ibu yang niat memberikan asi ekslusif.

2 thoughts on “Cerita Dibalik Pumping Asi Untuk Keanu :)

  1. Wuahhhh, salut Buuuuu. Sambil kuliah pun masih bisa pumping. Hebattttt. Pelukkkk.
    Sekarang brarti dah lulus S1 ASIx donk ya. Ato jangan2 sampe S3 pun lulus….
    Selamattttt!!!!
    Btw2, tadi saya nemu blog ini pas googling soal medela swing. Saya juga pengguna swing ni Sis. Dan kebetulan juga belakangan ini jadi penjual swing juga. Hahaha. Dan masalahnya adalahhh, sekarang jadi kebanjiran pertanyaan n diskusi soal swing plus masalah perpumping’an. Jadinya sering ngetik2 jawaban n tips2 yg sebetulnya sama seputar itu. Kepikiran pengen bikin goup Swing, biar semua pengalaman, masalah, n solusi seputar swing bisa terdokumentasi disitu, biar bisa dimanfaatkan para Swingerz….
    Tapi bingung memulainya haha. Misal aku mau bikin group swing di facebook, maukah mBa Fatma bergabung???
    Thx ya

  2. Dear Sista Fatma n para Swingerz, plus Mom n Mom to be yang penasaran soal Swing, join yuk ke FB group yg baru aja di-launching : Pompa ASI Medela Swing.
    Harapannya sih dengan group tersebut, para swingerz dkk bisa share n unduh pengalaman, masalah, n solusi selama swinging…
    So, jangan ragu share pengalaman Sista selama swinging yah…
    Kutunggu…
    Thx

Tinggalkan Balasan

