Rencana MPASI Keanu

Seminggu lagi Keanu MPASI! Yeaaaayyy…. Setelah sibuk blogwalking dan khatam baca thread MPASI di Mommiesdaily, akhirnya persiapan MPASI Keanu udah selesai. Konsep nya spoon feed mixed baby led weaning (blw), jadi selama gw kuliah, makanan Keanu akan dibuat spoon feed seperti puree dan nantinya nasi tim dan sewaktu hari libur, gw bakal nerapin blw sebagai snack.

Apa tuh blw? Blw adalah proses self feeding pada bayi, jadi kita kasih bayi finger food. Tentunya dengan blw baby akan belajar makan sendiri. Banyak baca tentang type ini, katanya membantu supaya bayi ngga jadi picky eater. Kalo di mata gw ma Ewa sih metode blw ini bagus untuk mengajarkan kemandirian dan tanggung jawab buat bayi, jadi Ewa sendiri setuju gw menerapkan metode blw.

Sempet dilema memulai dengan karbo atau buah. Banyak orang bilang, mulai mpasi dengan buah bisa membuat anak kita ngga suka makan sayur, berarti anak kita jd picky eater. Dan beberapa bilang kalau memulai dengan karbo lebih baik karena kemungkinan pencetus alergi nya lebih sedikit dibanding buah-buahan dan sayur. Gw sendiri sempet mendesain makanan Keanu dimulai dengan bubur beras, sayuran, dan buah. Tapi setelah browsing2, baca dr Tiwi dan Pak Wied Harry, akhirnya gw memutuskan untuk memulai MPASI Keanu dengan buah. Ngga takut anaknya picky eater atau gtm (gerakan tutup mulut) nantinya kalo disodorin sayur? Ngga dong, gw yakin ngga bakal. Itu kembali ke kreatifitas gw sebagai Ibu untuk mengolah makanan dan kemungkinan seorang anak gtm pastilah akan selalu ada, kan mood mempengaruhi nafsu makan juga. Semisal lagi tumbuh gigi? Tentunya si anak males makan.

Belum bisa posting jadwal MPASI Keanu di umurnya yang 6m+ nanti, soalnya skrg gw nulis postingan ini pakai bb. Yang jelas, gw bakal mengikuti pola menu makan yang sama dalam tiga hari supaya bisa tau penyebabnya kalo ada tanda-tanda alergi setelah Keanu mengkonsumsi makanan yang gw buat. Jadi hari pertama makan pisang, ya sampe dua hari berikutnya tetep pisang. Ngga ada buah2an atau sayur2an lain. Dan tentunya NO GULA GARAM. Logikanya, selain bayi belum bisa mencerna juga bisa gawat kalau dia tahu rasa gurih dan manis sebelum waktunya.

Untuk hari pertama makan, gw masih debat kusir ma bapaknya antara pisang dulu, atau alpukat dulu. Walaupun gw lebih ke pisang, selama tiga hari berturut2, dilanjutkan ma alpukat, pepaya, buncis, kabocha, butternut squash, pear, dan apel. Setelah lewat masa tiga hari pengenalan satu jenis makanan dan menunjukkan TATA (tidak ada tanda alergi), tinggal di mixed and match dong bisa dicampur2. Kasihan babynya ngga belajar makan karbo? Kan ada pisang, kabocha, butternut squash dan kentang… Lewat usia 7m+ gw bakal memperkenalkan Keanu ke bubur beras, sesuai rekomendasi pak Wied Harry, lebih baik bubur beras dimulai setelah baby 7 bulan keatas. Lagipula, nantinya juga ketemu bubur dan nasi tim, so no worries, ada stepnya buat Keanu belajar karbo.

Untuk blw nya, gw bakal buat finger food kabocha, butternut squash, dan apel, semuanya dikukus. Kalau pepaya tinggal dikasih aja langsung, ga usah dikukus. Takut anaknya kesedek? Gw pake Sassy feeding teether, insyaallah lebih aman. Walaupun Ewa personally ngga masalah tanpa si Sassy ini, *yeay* senangnya punya suami selalu mendukung istrinya.

Untuk persiapan cooking utensilnya? Seperti dibahas di postingan yang lama, semua udah hampir siap.. Minus dandang aja. Hari ini beli kok berasa kegedean yaaaa mending buat IbunyaπŸ˜€ kurang high chair aja nih, karena kakak ipar mau pinjemin, jd kita mutusin ngga beli. Jadi, insyaallah, persiapan MPASI Keanu lancar. Rules gw ke babysitternya Keanu selama gw kuliah adalah:
1. Jadikan kegiatan makan itu menyenangkan, kalo anaknya ngga abis, jangan dipaksain. Gw personally ngga akan marah kalau Keanu ngga ngehabisin makanannya, drpd dia gw paksa makan ampe abis tapi dia trauma.
2. Makan ya cuma di high chair, ngga sambil digendong, atau nonton tv. Setelah makan, boleh deh maen.
Segini aja sih rencana MPASI nya Keanu, smg gw juga bisa stick to the plan, ngga goyah. Dan semoga semua yang Keanu makan adalah homemade MPASI.

Ngga percaya minggu depan insyaallah tugas kasih asi ekslusif untuk Keanu selesai, dilanjut sama asi + MPASI. Ngga sabar bin penasaran liat mukanya Keanu pas suapan pertama MPASI hihihi. Gw bakal bela2in cabut jam pertama kuliah cuma buat nyuapin Keanu. Jadi, sekian postingan tentang rencana MPASI Keanu, secepetnya gw bakal update postingan ini dengan jadwal MPASI Keanu 6m+. Secepatnya. Ditunggu aja yaaaa… ThanksπŸ™‚

Tinggalkan Balasan

