Diposkan pada Wulan's Side

kemana-mana bisa sendiri..

Ada ngga sih yang suka kemana-mana sendiri? Bahkan makan di restoran sendiri? Aku termasuk yang begini 😁 Gara-gara kemarin lihat postingan seorang temen yang pergi ke restoran all you can eat dan santai aja “me time” makan sendiri, jadi keinget diriku juga deh..

Akhirnya aku merunut ke belakang deh kenapa sih, kok aku bisa “enjoy being alone?”

Ternyata “kekuatan” aku ditempa ya terutama pas kuliah di Amsterdam dulu (selanjutnya kita sebut Ams ya). Jadi dulu pas berangkat ke Ams, kebetulan aku berberapa ya, kayanya ber 6 atau ber 7, intinya sebenernya aku kepengen masuk jurusan Business Studies, tapi ternyata semua temen aku yang lain maunya masuk International Economics & Finance. Akhirnya aku terpaksa masuk IEF karena ngga mau sendiri, padahal aku yakin banget nilai aku bakalan ancur karena aku tuh bener2 ngga bagus di ilmu ekonomi. Entah kenapa dulu walaupun udah belajar mati-matian, nilai ku C+ aja entah kenapa

Sampai waktu masuk ke kelas pertama IEF, aku merasa duh kacau nih ngga mungkin bisa lulus nih secara kok susah banget🥲🥲 Apalagi aku ngincer beasiswa Amsterdam Merit Scholarship di tahun kedua, yang cuma dikasih kalau 80% nilai kita pass alias minimal 6 dalam 1 tahun. Akhirnya aku beraniin pindah kelas SENDIRIAN, dari IEF jadi business studies lagi. Aku jadi SATU-SATUNYA orang Indonesia saat itu yang masuk jurusan business, di tahun ajaran 2007-2008 itu. Sisanya ada bule belgia, bule jerman, dan turki apa rusia ya lupaaa.. Sama bule belanda pastinya😅

Ya udah, berhubung sendiri, dimulailah dua setengah tahun ku yang menyiksa. Tiap masuk kelas sendiri, ujian sendiri, jadwal kelas-ujian-libur beda sama anak2 IEF. Kebayang kan pas anak2 IEF santai-santai ngumpul bareng, bisa jadi aku ngga ikutan karena business masih ada kelas atau ujian. Kalau ada yang perlu ditanya? Ya gak bisa ke temen-temen IEF karena mereka ngga ngerti. Ke library buat belajar? Ya sendiri. Karena bisa jadi mereka lagi ujian, kita belum. Belum ditambah pressure 1 tahun harus lulus 80% karena mau dapet beasiswa lagi, yang mana aku bersyukur alhamdulillah dapet lagi🤗

Sering banget aku tuh dulu jalan-jalan ke centrum sendiri, masuk toko sendiri, makan sendiri. Pernah malah jalan-jalan keluar kota sendiri, nonton konser sendiri. Tapi alhamdulillah aku happy, aku kuat dan akhirnya terbentuk sekarang aku bisa apa-apa sendiri 😁 Sampai di Indo for good pun akhirnya aku bisa tuh pergi makan sendiri, jalan-jalan sendiri 😆

Jadiii sendiri itu bukan berarti jelek, atau memalukan, atau kasian. Sendiri bisa jadi memang kesempatan kita ingin me time, ingin refleksi diri, dan kadang kita lebih happy karena ga harus menyesuaikan sama orang lain. Ngga usah takut sendiri sesekali, tapi bukan berarti juga kita harus terus hidup sendiri ya!

Bandung, 27 Januari 2021 – Wulan Cahyo Wening

The Fatwa EU Trip – 16 April 2019: Foto at Tower Bridge & Bicester Village

Hari ini rutenya sedikit, pertama adalah foto sama Abi Ismail di Tower Bridge (yang biasa disebut London Bridge), lalu berlanjut ke Bicester Village. Untuk foto sama mas Abi, bisa langsung kontak mas Abi nya, yaa.. kami berdua ambil slot 2 jam, jadi perkeluarga 1 jam. Sesi pertama keluarga teh Sara dulu, karena Cica bobo 😆 setelah itu lanjut kel kami, dan di akhir kami foto bareng-bareng deh

Di hari ini kebetulan lg kejadian kebakaran di Notre Dame Paris. Jadi sempet agak rame dan ada info pas masuk tube. Setelah foto, kami lanjut ke Bicester Village naik kereta. Naik kereta apa? Duh kami sekeluarga kebetulan bener-bener di guide Teh Sara, jadi ga hafal aksesnya 😆 yang pasti naik kereta bukan tube yaa

Kesan nya pas ke Bicester Village: menyenangkan! Menurut saya sih lbh bagus daripada Roermond. Banyak makanan enak juga! Lebih rame juga sih.. jadi banyak tenant yang antri. Disini kebetulan banyak belanja titipan, jadi asli repot deh pas pulang ke rumah.

Dari Bicester Village udah ga sanggup kemana-mana, pulang aja langsung ke rumah deh😆 apalagi bawaannya seabreg-abreg. Sekian perjalan hari ini, singkat padat jelas karena ini nulisnya di hp.. baterainya udah 3% 😆

The Fatwa EU Trip: 15 April 2019

Setelah kemarin malem kecapekan karena ke Harry Potter Warner Bros Studio Tour, hari ini kita semua keluar rumahnya agak siang. Sebenernya malah kalau bisa aku pengennya rebahan di rumah, cuma the Bayuningrats kayanya ga ngebolehin kita berhenti eksplor London, jadi hayu deh kita pergi 😆

Hari ini keluarga kecil kami terbagi dua tujuan, mas Ewa kebetulan pergi sendiri karena dari sebelum pergi punya cita-cita sewa motor Triumph. Kebetulan sewanya hari ini, jadi mas Ewa udah jalan dari pagi dianterin sama Mas Bay. Dan saya, anak-anak, juga teh Sara dan anak-anak, berangkat ke tengah kota dan ketemu mas Bay. Yang saya inget, kita ketemuannya di sekitaran Marks & Spencer Food Store, disini saya dikenalin teh Sara sama Hot Cross Bun nya M&S dan omg rasanya enak bangetttt.. jadi ini toh rasanya Hot Cross Bun yang lagunya suka ada di Cocomelon 😆

Rute pertama kami ke Royal Naval College – University of Greenwich yang merupakan tempat shooting salah satu film Marvel yaitu THOR. Setelah asyik foto-foto, kami melanjutkan perjalanan ke mall Westfield Stratford City. Lucu deh rasanya kaya ke PIM 😆 Disini kami makan siang dan jajan Mr Pretzels yang rasanya enakkkk banget ngalahin aunty anne’s! Di mall ini juga sempet ngelihat Primark, cuma berhubung saya bawa dua anak, boro-boro bisa lihat-lihat, udah repot sendiri, jadi cuma selewat aja nganter Teh Sara beli pesenan. Kesan pertama masuk Primark, WOW! Pengen banget ada toko kaya gini di Indo, gak sih 😆

Hal lain yang saya amazed dari mall ini adalah banyak pegawai yang pakai kerudung. Sungguh saya nyaman banget travelling ke London, ngga ada ketakutan karena pakai kerudung, karena selalu aja ketemu orang yang pakai kerudung, atau ngucapin assalamualaikum.

Setelah makan, kami lanjut main di playground di dalam mall. Playgroundnya bersih, besar dan gratis. Duh, kapan ya di Indo kaya gini. Anak-anak tentu saja happy banget.

Beres main di playground, kami pun lanjut pulang ke arah rumah Teh Sara. Berhubung anak-anak belum kenyang main, Teh Sara dan Mas Bay ajak main di playground deket flat mereka, dan disini deh baru saya ketemu mas Ewa lagi. Turns out hari ini saya aman cuma bertiga sama anak-anak, dan mas Ewa juga sempet me-time. Ternyata mas Ewa ngga sempet main jauh-jauh. Katanya ujung-ujungnya keinget anak-anak lagi, jadi ya udah akhirnya balik lagi deh. Beres bermain, udah deh selesai perjalanan hari ini. Alhamdulillah! Kami pun pulang dan istirahat di rumah.. 🤍

Diposkan pada EuroTrip, Holiday, Travelling with kids

The Fatwa EU Trip – 14 April 2020 – London – Harry Potter Warner Bros Studio Tour

Hari kedua di London…

Hari pertama kemarin berakhir dengan lelah tapi seru. Di hari kedua ini kebetulan schedule kami yang sudah pasti adalah ke Harry Potter Warner Bros Studio Tour. Sedikit cerita, saya tuh kebetulan Potterfreak. Dari kecil suka banget baca novel Harry Potter. Jadi berkunjung ke HP Warner Bros Studio Tour adalah salah satu bucket list saya. Nah sedikit saran aja buat yang berencana berkunjung kesini juga. HP Studio Tour ini bukan kaya Disneyland yang bisa datang dan masuk berapapun orang, tapi ada kuota. Dan percaya ngga, di musim liburan ini, saya coba cari kuota dari sebulan sebelumnya langsung di websitenya dan gak dapet. Saya coba ambil kuota dari aplikasi Klook juga penuh terus, akhirnya search sana sini dapet juga kuota di Golden Tours dan inipun ngga bisa pilih jam maupun tanggal, cuma sisa 14 April aja jam 18.00. Mau gak mau deh saya ambil. Sekedar info juga, secara harga lebih murah beli langsung di web WB nya tentunya, tapi berhubung saya ngga ada pilihan, saya beli di Golden Tours dengan transportasi bolak balik + free 4 jam hop on hop off, dapet harga 313 pound untuk berempat.

Berhubung sudah ada fix schedule jam 6 sore, jadi Teh Sara memutuskan hari ini untuk schedule santai aja tapi sambil menikmati cafe sekitar tempat kami naik bis Golden Tours. Di sekitar Golden Tours ternyata ada Peggy Porschen Cakes dan Dominique Ansel. Teh Sara bilang kami harus coba cronutsnya Dominique Ansel yang enak baaaaanget dan ternyata memang enak banget! Kami ngga menyesal coba karena saat ini Dominique Ansel London terpaksa harus gulung tikar karena pandemik. Dari Dominique Ansel kami jalan ke Peggy Porschen untuk foto-foto aja, lalu kembali lagi ke Golden Tours untuk memulai trip. Teh Sara dan Mas Bay kasih kunci extra siapa tau kami sampai di rumah malem banget, karena masuk WB aja udah jam 6 sore.

Perjalanan naik bis menuju WB diisi sama video HP sepanjang jalan. Diantara saya, mas Ewa, Nanu, dan Cica, kayanya cuma saya yang excited banget haha. Sampai WB kami foto-foto dulu diluar, lalu masuk ke dalam gedung. Sebelum masuk diperiksa dulu, dan ternyata walaupun kami bawa bekal, itu boleh dibawa masuk. Akhirnya kami pun makan bekal dulu di depan pintu masuk. Lalu setelah bekal habis, kami masuk ke dalam.

Jadi WB Studio Tour itu adalah tempat shooting semua film Harry Potter yang diubah menjadi kaya museum. Kami bisa melihat tempat shootingnya langsung, memorabilia yang dipakai untuk shooting, dan tentunya butterbeer! Ada beberapa spot seperti Gringotts contohnya, yang mana ada 3D naga mengeluarkan api kaya beneran, lalu ada juga beberapa spot yang kita bisa coba seperti naik sapu terbang, naik kereta menuju Hogwarts dan dideketin sama dementor, atau naik motor nya Hagrid. Buat saya yang bener-bener suka banget sama HP, ini amat sangat menyenangkan, hehe. Yang paling bikin saya amazed tentunya pas masuk ke hall besar tempat semua siswa makan sambil mendengarkan pengarahan guru. Ini terbaik! Kalau buat Nanu, masuk ke WB Tour ini horror karena kaya ke rumah hantu, haha. Terutama pas bagian ada Aragog, itu bener-bener kaya lihat laba-laba raksasa. Di akhir tour, ada diorama Hogwarts School dan diakhiri sama toko souvenir. Kami pun membeli beberapa botol minum dan boneka Hedwig. Setelah puas, kami pulang ke rumah teh Sara dengan menaiki bis Golden Tours lagi. Sampai rumah kalau ngga salah jam 11 malem, keluarga The Bayuningrats udah pada tidur, tapi sweet banget deh Teh Sara udah menyiapkan 1 loyang martabak di meja makan. Setelah puas makan, kami pun segera bebersih dan tidur. What a day. Eventhough we are super tired but we’re really happy!

Diposkan pada EuroTrip, Holiday

The Fatwa EU Trip – 13 April 2020 – London

Hari pertama eksplor London ternyata berbarengan sama pemilu untuk warga Indonesia yang berada di luar negeri. Walaupun kami sedang berada di luar, kepengennya sih bisa milih ya mengingat kami punya jagoan juga, hehe, tapi katanya kalau turis baru bisa pilih sore hari karena yang diutamakan warga Indonesia yang sudah tercatat di wisma duta. Karena hal ini ya udah deh saya sama mas Ewa pikir gimana nanti aja, kalau memang jodoh bisa ikut pemilu, kalau ngga ya udah.

Hari pertama di London ini, rute kami rencananya ke Westminster Abbey – London Eye – Selfridges – dan beberapa lokasi lagi yang saya lupa (ngetiknya kelamaan sih, tripnya 2019, ngetiknya 2020). Kami naik underground tube dari rumah Teh Sara dan Mas Bay. Oh ya, selama di London ini kami nebeng tinggal di rumah Teh Sara dan Mas Bay, alhamdulillah mereka sekeluarga welcome banget, mau diinepin, jadi tentu saja kami gak kepikiran sama sekali untuk nginep di hotel ya. Lanjut ke cerita perjalanan ya, kami turun di sekitar Westminster Abbey. Disini kami pisah dengan Teh Sara & Mas Bay karena mereka harus ke Wisma Duta untuk pemilu, sementara kami lanjut perjalanan ditemani Malik sebagai guide. Malik ini anak Teh Sara & Mas Bay yang paling gede. Kami foto-foto di sekitaran Westminster Abbey lalu melanjutkan perjalanan ke London Eye. Menuju London Eye ada jembatan sungai Thames ya kayanya? Atau apa entahlah yang pasti kami foto-foto disitu hehe. Lalu tentunya ada Big Ben juga di area itu, tapi Big Ben nya kebetulan lagi direnovasi jadi jam nya ketutupan konstruksi. Di London Eye kami foto-foto dari berbagai angle, Malik yang jadi fotografernya. Salah satu keuntungan pergi bulan April adalah banyak banget pohon yang lagi berbunga, jadi fotonya semakin cantik deh.

Beres dari London Eye, kami kembali lagi ke arah Westminster Abbey, tapi sebelumnya kami duduk cantik dulu di sekitar jembatan untuk buka bekal dan makan. Jadi, kalau lagi travelling terutama sama anak-anak, saya tipe yang selalu bawa bekal walaupun cuma nasi sama telur ceplok isinya. Pokoknya bekal nasi atau snack wajib ada, karena kadang anak-anak kalau sudah laper ngga bisa kooperatif. Setelah makan bekal nasi + telur + sosis, kami pun melanjutkan perjalanan ke arah taman St James Park. Sebelumnya jangan lupa tentunya foto sama box telefon warna merah yang identik banget sama London.

Kami pun melewati St James Park dan mengarah ke arah Istana Buckingham. Nikmatnya diluar negeri itu ya tamannya gede dan enak buat jalan-jalan. Suasana sekitar taman cantik dan bagus buat foto-foto. Kami sempat mampir di cafe untuk beli minuman hangat dan bergantian ke toilet. Di tamannya juga ada danau kecil (lake) yang ada bebek-bebek lagi berenang, pokoknya Nanu Cica super happy banget deh saat itu.

Akhirnya sampai juga kami di depan Istana Buckingham. Diluar Istana Buckingham ada bendera yang menandakan kalau Queen Elizabeth lagi ngga ada di istana. Kami pun foto-foto mengabadikan iconic Istana Buckingham dan pagar di St James Park. Beres foto-foto, kami mengarah ke arah Leicester Square untuk masuk ke M&M Worlds.

Setelah puas belanja M&M dan lihat sana sini, kami pun lanjut ke sebelahnya, ke tempat yang udah lama saya impikan untuk dicoba, yaituuuuu SHAKE SHACK. Kami mencoba Shroom Burger dan rasanya enak bangeeetttt, friesnya apalagi huhu. Alhamdulillah ya Allah kesampaian juga makan Shake Shack. Setelah puas makan dan kenyang, kami pun melanjutkan perjalanan lagi yang saya lupa kemana haduhhh… Seinget saya sih lanjut ke Selfridges dan sebelumnya tentu jajan Ben’s Cookie.

Alhamdulillah hari pertama di London semua tempat tujuan turis bisa didatengin, makanan-makanan yang saya impikan bisa dicoba, anak-anak juga sangat happy. Saya bisa merasakan liburan di London yang beda banget dari liburan saya yang terakhir. Alhamdulillah. That’s a wrap for today!

The Fatwa EU Trip – 12 April 2019 – Den Haag – Brussels – London

Pagi ini dimulai dengan sedikit rusuh lagi mengingat hari ini ada schedule tetap harus ke Brussels dan dilanjutkan ke London. Kami memutuskan untuk pergi lebih cepat dari seharusnya karena takut aja kalau harus ada cerita telat dan sebagainya. Karena kereta EuroStar menuju London nya waktunya memang fixed. Sebelum berangkat kami pamitan dulu sama keluarga Teh Fitri, berterimakasih karena sudah bersedia menampung kami selama di Den Haag. Kami diantar oleh supir KBRI sampai stasiun Den Haag HS. Terimakasih banyak ya Teh Fitri untuk hospitalitynya!

Perjalanan menuju Brusselsnya kebayang lah ya, keretanya pakai kereta NS, jadi jam nya bebas bisa berangkat kapan aja, bukan fixed. Sampai Brussels ternyata ku sudah bener-bener blank, beda banget jadi bener-bener ngga ngerti aja. Trus dinginnya masyaAllah, ditambah koper banyak, pokoknya kami langsung males jalan-jalan, rencana city tour Brussels langsung BYE! Kami memutuskan untuk menunggu di Stasiun, makan dan duduk sampai bobok, sampai akhirnya The Bayuningrats datang. Lalu kami memutuskan untuk masuk ke dalam kereta, disini ada border, passport diperiksa dan ditanya apa tujuannya ke London, untuk liburan tentunya! Sewaktu kereta dateng, kami masuk perlahan dan duduk di kursi masing-masing. Kursinya satu keluarga hadap-hadapan, tapi saya lupa sama The Bayuningrats sebelahan apa belakang-belakangan ya. EuroStar menuju London nih lewat bawah laut.. Tapi sungguh ngga kerasa lewat tunnelnya. Dan nikmatnya travelling dengan kereta itu, walaupun kadang lebih lama dari naik pesawat, menikmati pemandangannya itu… Kebetulan kami sore menuju malam, jadi masih bisa menikmati pemandangan setengah jalan.

Berhubung naik kereta dengan toddler dan satu anak tanggung, jadi entah kenapa turun dari kereta rasanya badan ringsek aja haha.. Padahal keretanya bagus loh! Kami turun di stasiun St Pancras. Rasanya kaya abis perjalanan 1 malam haha. Sampai stasiun St Pancras masih amazed wah ini toh London. Berhubung ini kali kedua saya kesana, itupun juga yang pertama udah 9 tahun yang lalu, jadi ya udah lupa banget. Ada pengamen yang nyanyi pakai piano, lalu di stasiun aja toko-tokonya udah keren semua. Ingin rasanya ku ngacir jalan-jalan haha. Tapi setelah isi Oyster Card, kami pun melanjutkan perjalanan ke rumah The Bayuningrats yang berada di zona 2 atau zona 3 London. Walaupun bukan di center, tapi perjalanannya cepat banget dan gampang. Akses lift juga gampang. Beda banget nih ma di Paris haha… Sampai rumah udah langsung istirahat ga pake ribet, semua kecapekan. Ngga sabar besok memulai perjalanan kami di London!

The Fatwa EU Trip – 11 April 2019 – Den Haag Trip

Lanjut lagi yaaa…

Alhamdulillah setelah melewati malam penuh drama karena Nanu diminta turun paksa sama mas Ewa, kita bangun di rumah sepupu dengan suasana yang tenang nyaman dan feels like home. Saya selalu suka rumah-rumah asli Belanda. Bau nya beda aja. Berhubung hari ini ngga ada schedule wajib selain ke Madurodam dan Den Haag Centrum, kami ngga mau ngepush anak-anak untuk bangun dan siap-siap terlalu pagi. Akhirnya kita bawa santai aja dari siap-siap, makan dan sebagainya, sampai akhirnya siap buat ke Madurodam. Untuk ke Madurodam lebih murah beli tiket dari websitenya langsung, saya lupa waktu itu diskon apa beli 3 gratis 1. Tapi pokoknya lebih murah dari website aja.

Kalau ada yang nanya, perlu ga sih sebenernya mampir Madurodam kalau lagi di Belanda? Menurut saya tergantung tour nya sama siapa.. Saya pernah ke Madurodam waktu single fighter belum punya anak karena nganter keluarga, dan ya gimana sih anak muda lihat mainan, perasaannya biasa aja. Hehe. Waktu kuliah disana juga saya ngga pernah niat ke Madurodam sama temen-temen. Lain ceritanya saat ini saya dateng sama Nanu dan Cica, berhubung sama anak kecil, jadi saya rasa harus ajak anak-anak kesini, apalagi kita memang lagi stay di Den Haag. Menuju Madurodam aksesnya tentu ga susah, bisa cek 9292OV atau tanya warga sekitar juga pasti aman. Mas Ewa dan anak-anak kelihatan nyaman banget jalan-jalan di Den Haag, memang ambiencenya beda ya sama Amsterdam, hehe. Suasana tenang dan homy nya lebih terasa.

Sampai Madurodam, anak-anak main kesana kemari. Kami lumayan lama di Madurodam, saya lupa sih pastinya tapi bener-bener lama karena anak-anak menikmati banget. Selain ngelihatin miniatur kota Belanda, ada playground yang bikin anak-anak makin bertahan lama. Saya nungguin dipinggir sambil jajan poffertjes, stroopwaffle, dan lain-lain sebagainya haha. Kami cuma ngga makan berat karena kebayang gak sih makanannya pasti kentang dan sebagainya hehe. Setelah anak-anak puas, kami lanjut ke Den Haag Centrum. Disini ke Albert Heijn (lagi!) jajan segala macem dari Kinder Bueno ice cream dan sebagainya, lalu muterin centrumnya. Oh iyaa mampir juga di Toko Asia dan beli segala macem jajanan yang bisa dimakan. Sungguh teringat masa-masa kuliah yang mana pergi ke Den Haag itu hiburan banget karena Toko Asia nya lengkap banget. Beres dari centrum mampir KFC dulu beli ayam buat makan pake nasi di rumah aja, hehe. Orang Indo banget yaaa… Kami memutuskan untuk tidak menghabiskan semua energi kami, karena lagi-lagi besok harus siap-siap buat ke Brussel buat lanjut ke London. Jadi hari ini kami habiskan untuk packing persiapan ke London via Brussel deh!

The Fatwa EU Trip – 10 April 2019 – Amsterdam – Roermond – Den Haag

Hari ini schedule kita bukan lumayan lagi, tapi super padat hihi. Pagi ini kita rencana photoshoot pakai Sweet Escape, lalu ke Roermond, dan lanjut ke Den Haag. Untuk photoshoot kali ini kita pilih 2 jam karena akan sharing jam sama The Bayuningrats. Berhubung 2 jam dan kebetulan Amsterdam ga jauh-jauh amat kalau mau kesana kemari, jadi kami bisa pindah-pindah lokasi. Fotografernya dapet orang Indo yang ternyata temen lama saya, hehe. Kita foto di sekitaran Dam dan ke arah Nine Street. Beres foto, kita semua langsung menuju Roermond. Kalau ga salah kita bawa koper sekalian dan memutuskan untuk nitip koper di stasiun Roermond. Rencananya abis dari Roermond kita langsung ke Den Haag soalnya.

Di dalam kereta NS tentunya bring back a lot of memories. Masa muda suka muter-muter jalan-jalan pakai kereta NS. Saya lupa banget rutenya pokoknya sampe Roermond aja. Kalau ngga salah sempet turun dan ganti kereta tapi saya lupa dimana. Roermond ngga banyak berubah, masih sama persisssss kaya terakhir saya kesini di tahun 2013. Bedanya cuma ada beberapa brand baru aja. Trus sedihnya udah ga ada Belgaufra (belgian waffel) lagi. Saya lupa deh jajan apa aja di Roermond, tapi yang pasti sih jajan McD karena anak-anak harus makan. Kalau lagi ke tempat kaya Roermond gini, saya sama Ewa biasanya bagi jadi 2 team. 1 orang jaga anak-anak di spot main, 1 orang jalan-jalan cepet. Alhamdulillah Mas Ewa biasanya gak banyak mau, jadi selalu ikhlas jagain anak-anak di tempat main. Saya pun gerak cepat muterin Roermond, beli yang harus dibeli.

Beres dari Roermond, kami semua menuju Den Haag karena kali ini kami mau mengunjungi sepupu jauh Ewa yang saat ini menjabat di KBRI Den Haag. Seinget saya, kami sampai di stasiun Den Haag jam 11 malem, dengan koper yang jumlahnya ngga sedikit, plus badan yang super ringsek karena udah jalan dari pagi. Sempet kena drama yang intinya Nanu ngga dibolehin duduk di kursi depan karena anak memang harus duduk di belakang, jadi Nanu sama mas Ewa jalan kaki gitu menuju rumah, ini sedihnya bukan main huhu, soalnya lagi dingiiiin banget. Alhamdulillah tepat jam 12 malem waktu Belanda, kami sudah ada di rumah saudara kami di Den Haag, rasanya happy dan tenang banget. Waktunya istirahat!

Diposkan pada Uncategorized

The Fatwa EU Trip – 9 April 2019 – Volendam & City Tour Amsterdam

9 April 2019

Alhamdulillah, bangun tidur di salah satu kota terfavorit di dunia itu happynya bukan main. I’m smiling ear to ear. Hehe. Schedule hari ini: Volendam dan city tour Amsterdam. Selama sekolah di Amsterdam dulu sampai sekarang, ngga kehitung udah berapa kali ke Volendam. Karena emang tempat wajib banget kan untuk foto ala Belanda. Kalau mau ke Volendam ada bis langsung yang dulu dinaikinnya deket public library. Tapi ternyata kali ini pindah ke atas Amsterdam Central Station (Amsterdam CS). Untuk naik bisnya bisa beli tiket Volendam PP yang dibeli di mesin deket eskalator naik bis. Sebelum naik eskalator, saya, mas Ewa dan anak-anak tentu saja mampir AH dan beli croissant coklat kesukaan sama chocomel. Kaya hukumnya wajib banget untuk jajan di Albert Heijn. Sebelum naik bis, kita tunggu The Bayuningrats dulu dateng dan naik bis bareng-bareng.

Perjalanan menuju ke Volendam tentunya kenikmatan visual. Bisa lihat view desa-desa di Belanda, rumput-rumputan, taman yang luas, sapi dan kambing dimana-mana. Berhubung naik bis yang beda sama pas saya dulu kuliah, turunnya juga ternyata di tempat yang beda gaes. Jadi agak browsing dan cari-cari jalan dulu deh. Tapi saya suka banget karena jalan yang kita laluin banyak lewat rumah Belanda yang mini-mini tapi lucu. Sepanjang jalan saya sibuk dokumentasiin perjalanan, dan tembusnya pun di bagian Volendam yang agak ke arah kanan (pokoknya bukan deket2 daerah foto2).

Sungguh ngga ada yang berubah di Volendam, padahal terakhir berkunjung 6 tahun yang lalu. Masih ada tukang yang jual sea food gorengan andalan, masih ada tukang poffertjes, masih banyak kafe-kafe yang banyak orang duduk-duduk santai sambil ngopi atau nge beer, feeling nya masih sama dan saya happy banget huhu. Finally, i feel home! Sebelum duduk cantik ngemil poffertjes ataupun fish fillet, kami memutuskan untuk jalan ke fotografer andalan. Tips and trick foto di Volendam, ini dapet dari orang-orang KBRI ya, pilih yang Fotograaf Zwaarthoed, lokasinya itu agak pojok agak ke dalem menuju ujung Volendam, hehe. Kenapa disini? Karena katanya cuma disini yang boleh foto pakai kamera sendiri setelah sesi foto pakai kamera mereka. Kalau ada yang punya pengalaman di tempat lain juga bisa, mohon maaf ya karena saya cuma ikutin saran orang KBRI dari awal saya tinggal di Amsterdam, jadi belum pernah coba tempat foto lain ya. Konsep fotonya biasanya pilih jumlahnya berapa orang, dan besar foto yang mau dicetak. Sebelumnya kita didandanin dulu pakai baju khas Belanda. Proses pemasangan bajunya cepet banget, proses fotonya juga cepet banget, yang agak nunggu ya kadang orang pengen foto pake kamera sendiri. Setelah beres foto, biasanya nunggu 1 jam untuk dapet hasil akhirnya. Nah pas nunggu ini lah saya pilih untuk jajan gorengan ikan-ikanan dan poffertjes.

Sungguh nostalgia banget ini di Volendam. I feel like i’m the happiest gal on earth. Lebay ya? Biarin. hehe. Sambil nunggu saya beli Lekkerbek alias fish fillet, dimakannya sama garlic mayo, beli kentang goreng juga alias patat met mayo, trus beli poffertjes. Pokoknya diet bubar jalan haha. Dulu zaman kuliah saya sering banget beli fish fillet dan dimakan pake nasi plus sambel kecap. Enaaaaak pake banget! Bedanya kali ini di Volendam udah ngga bisa egois khusyu makan sendiri, harus sambil nyuapin anak lanang dan anak gadis. Alhamdulillah semua lahap makan. Beres jajan fish fillet dan poffertjes, kita balik lagi ambil hasil foto. Setelah itu kita kembali lagi ke kota…

Jalan-jalan di central Amsterdam kali ini kita sambil janjian sama temen-temen lama saya di Belanda. Rutenya masih sama, seputaran Dam Square ke Kalverstraat sana. Dalam rangka bday Cica juga kami inisiatif ajak makan di Sie Joe. Setelah berhari-hari pergi dari Indonesia, kayanya paling cocok makan makanan Indo disini. Jangan lupa beli teh botol juga hihi. Beres makan di Sie Joe, kami lanjut nongkrong di Rembrandtplein. Berhubung udah punya anak dua, akhirnya alarm alami nya yang membuat kami pulang cepat, yaitu anak-anak rewel dan minta pulang. Akhirnya trip kita hari ini selesai juga, kami pun kembali ke hotel Abba 🙂

Diposkan pada Uncategorized

The Fatwa EU Trip: 8 April 2019 – Amsterdam

8 April 2019

Hari ini masih sama kaya kemarin, bangun subuh dan buru-buru siap-siap karena kita naik kereta jam 07.00 pagi ke Amsterdam. Berhubung mau pergi jauh, jadi pagi ini pengecualian, anak-anak boleh keluar kamar hotel dalam kondisi belum makan, tapi sampai stasiun wajib banget beli makanan untuk anak-anak, saya dan mas Ewa sarapan. Berhubung dari awal emang sengaja tinggal di depan Gare du Nord, jadi alhamdulillah akses nya gampang tinggal jalan kaki aja. Mas Ewa tugas bawa koper dan tas jinjing juga gendong Cica di ergo, saya bagian megang Nanu. Berhubung masih di Paris, koper kita masih dikit (karena kebanyakan dititip di Ams), jadi belum berasa ribetnya nih. Sampai Gare du Nord saya sempetin beli roti dan kopi di PAUL. Pokoknya kalau lagi travelling gini, anak-anak mau banyak makan nasi, mie atau roti, saya sih ga masalah. Sama-sama karbo kan. Hehe. Masuk ke dalam kereta langsung cari seat, duduk berdua-berdua, saya sama Cica, Mas Ewa sama Nanu. Akhirnya mengucapkan bye bye untuk Paris, kunjungan yang super singkat, saya bener-bener efektif cuma 1 hari di Paris. Jangan ditiru sih kalau first timer ke EU, pasti kepengennya lama di Paris kan? Nah kalau saya sama mas Ewa ngga, mendingan lama di Ams aja. Paris cukup lihat Eiffel dan Louvre udah puas. Oh ya kali ini juga kami gak ke Disneyland Paris karena Cica masih kecil, jadi takutnya sampai sana ngga main apa-apa kaya waktu ke Hong Kong kemarin, jadi untuk trip kali ini, kami pilih untuk pass Disneyland Paris dan langsung ke Ams.

Sepanjang perjalanan mau ke Ams itu rasanya deg-deg an, tapi happy, excited juga, semua jadi satu! Kami turun di Schiphol karena mau ambil koper-koper. Nah petualangan baru dimulai nih. Jangan lupa download aplikasi 9292ov untuk tau akses ke tempat tujuan di semua negara di Belanda. Lagi-lagiiii kami ngga pake travel ya, karena selain pengen ngirit, insyaAllah kalau di Belanda kami gak kesulitan kemana-mana karena lumayan paham caranya. Dari Schiphol bawa 3 koper besar dan 3 koper kecil juga 2 anak menuju hotel kami di daerah Leidseplein, pokoknya rasanya: JUARA. Kalo suami aku bukan mas Ewa, kayanya aku udah dimarahin, haha. Nama hotel kami kali ini ABBA Hotel. Ini hotel bintang 1 atau bintang 2, atau mungkin setara hostel tapi kamar mandi dalem. Setiap milih hotel di EU, apalagi kalau biaya sendiri begini, saya ngga pernah ribet mikir harus bintang 3-4 apalagi 5. Yang penting budgetnya masuk, hotelnya bersih, kamar mandi dalem, akses enak, kalau kamarnya lucu itu nilai plus. Kebetulan dapet ABBA dan pas lihat langsung:

(+) dibawahnya ada Albert Heijn. YAAAAYYYY

(+) akses transportnya juara, depannya pas stop an trem

(+) deket Leidseplein, mau diniatin jalan juga bisa

(+) hostel bersih, lucu, dapet sarapan. Kamarnya kecil tapi bersih, neighborhood nya enak

(-) NGGA ADA LIFT! ini nih ujian bener kalau pilih hotel bintang 1 atau 2

(-) ada tulisan ngga boleh ngerokok, tapi tetep ya berhubung di belanda, ngerokok yang itu sih boleh. jadi di luar kamar kerasa bau-bau itu hehe

Sampai ABBA kita istirahat bentar, saya izin turun kebawah bentar untuk kangen-kangenan ma Albert Heijn (AH) sambel beli cake untuk tiup lilin Cica. Iya, tanggal 8 April ini Cica genap berusia 2 tahun, tapi berhubung dari pagi sampe siang ada huru-hara perjalanan yang tak kunjung usai, baru bisa dirayain sekarang deh. Pas masuk AH yang pertama didatengin tentunya bagian kue-kuenya. Aku kangen croissantnya, triple schocolade, roti coklatnya, slagroom soes, dan lain-lain, pokoknya semua enak! Beres pilih makanan, naik ke atas, kita merayakan kecil-kecilan tiup lilin pake cupcake bentuk kelinci. Cica happy banget, semua happy.

Setelah bebersih, shalat dzuhur yang dijamak ke ashar, kami memutuskan untuk langsung jalan-jalan (bener-bener ga ada cerita tidur siang). Karena kebetulan gak punya rice cooker, jadi rute hari ini: Leidseplein, Dam, Nieuwmarkt, UvA Roetersstraat, Museumplein, PC Hoofstraat. Banyak ya? Tapi alhamdulillah berhubung hafal sama Amsterdam, ngga pake susah kesana kemari. Sepanjang naik trem rasanya happy banget, dag dig dug, ngga nyangka akhirnya bisa ke Amsterdam lagi. Lihat UB, jadi keinget masa-masa kuliah, jalan-jalan di Nieuwmarkt bela-belain beli makanan Indo dan rice cooker. Lalu ke UvA Roetersstraat dan duduk-duduk kangen-kangenan sama UvA. 2013 kemarin saya sempet ke Amsterdam dan sedih banget sewaktu keinget ga sempet sama sekali foto di UvA. Kali ini saya bales dendam, foto sama anak-anak, foto Nanu depan UvA (semoga suatu saat Nanu bisa kuliah disini ya), sampai masuk ke dalam UvA. Alhamdulillah walaupun singkat, happy banget deh kunjungan ke UvA kali ini. Diakhiri dengan ke Museumplein dan santai-santai di tamannya. Disini kita buka nasi putih yang kita beli di Nieuwmarkt, buka perbekalan lauk yang dibawa dari Indo, dan makan sambil menikmati sore. Saya termasuk balas dendam juga disini. Waktu dulu pas sekolah di Belanda ga pernah ada cerita nongkrong di taman. Selalu kerja, hiks. Setelah puas main, kami kembali ke hotel dan baru istirahat deh.

Alhamdulillah kunjungan hari pertama di Ams nya super happy. Nanu Cica semua happy. Ngga sabar untuk trip besok!